Hubungan Kesiapan Guru Terhadap Perubahan Kurikulum 2013 Pada Tingkat Keaktifan Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember dan SMA Negeri 2 Tanggul

Dinda Ayu Pramesty(1), Anik Nur Khasanah(2), Erika Yulinda(3), Nur Lailatul Khomariyah(4), M. Zam-Zam Ali Saga(5), Giffari Ibnu Hisyam(6),


(1) Pendidikan Geografi, Universitas Jember
(2) Pendidikan Geografi, Universitas Jember
(3) Pendidikan Geografi, Universitas Jember
(4) Pendidikan Geografi, Universitas Jember
(5) Pendidikan Geografi, Universitas Jember
(6) Pendidikan Geografi, Universitas Jember
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru terhadap perubahan kurikulum 2013 pada tingkat keaktifan siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember dan SMA Negeri 2 Tanggul. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah hubungan perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013 terhadap kesiapan guru yang ada di kedua sekolah tersebut yang menjadi tolak ukur keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan pendapat antara guru di SMA Muhammadiyah 3 Jember dan SMA Negeri 2 Tanggul yang didapat dari distribusi angket yang disebarkan kepada guru dan siswa di kedua sekolah tersebut.

References


Afandi, R. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi “Masyarakat Ekonomi Asean” (Asean Economic Community) Pada 2015. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Implementasi Kurikulum.

Agustin Pramesti, Kartika. 2017. Kesiapan Guru Ekonomi Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas Neheri Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, Volume 6 Nomor 6, Hal: 623-634

Alim, Roni. 2017. Pegaruh kompetensi padagogik dan kesiapan guru terhadap implementasi kurikulum 2013. Jurnal Geografi, Volume 15 Nomor 1, Hal: 18-29 Anik. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA Muhammadiyah 3 Jember, di SMA Muhammadiyah 3 Jember.

Asfiati. 2016. Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.

Damayanti, Defrianti Kartika Eka. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 4 Watampone. LaGeografia, Volume 17 Nomor 1, Hal: 30-44.

E, Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eraslan, A. 2013. Teachers' Reflections on the Implementation of the New Elementary School Mathematics Curriculum in Turkey. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, Volume 28 Nomor 2, Hal: 152-165.

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. 2014. Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1, Hal: 33-42.

Gunawan, B. I. 2017. Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, Volume 1 Nomor 1, Hal: 1-9.

Hayati, Wahyu Islamul, Sugeng Utaya, and I. Komang Astina. 2016. Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 1 Nomor 3, Hal: 468-474.

Hermawan, Arief Yulianto, and Sriyanto Sriyanto. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi di Sma Negeri SeKabupaten Pemalang. Edu Geography, Volume 7 Nomor 2, Hal: 142-150.

Julian Pratama, A. R. D. Y. 2014. Kesiapan Guru Sma Dalam Implementasi TIK Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Menunjang Kurikulum 2013 Di Kabupaten Sidoarjo. Swara Bhumi, Volume 3 Nomor 3

Jupriadi. 2017. Analisis dan implementasi penerapan kurikulum 2013 terhadap haya mengajar guru di sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan, Volume 4 Nomor 3, Hal: 217-226

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integrative Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 3 Nomor 2, Hal: 460-469.

Latief, Hilman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Vii Di Smpn 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea, Volume 14 Nomor 2.

Luqman. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 Pada SMA Muhammadiyah 3 Jember, Di SMA Muhammadiyah 3 Jember.

Machali I, 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Margono. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Volume 3 Nomor 1. Universitas Pendidikan Ganesha.

Mulyana A.Z. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat (Memotivasi Diri Menjadi Guru Luar Biasa). Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. 2013. Problematika K13 Dalam Pembelajaran PAI. Journal of Islamic Religious Educatin, Volume 1 Nomor 2. Institut Agama Islam Negeri Kediri.

Nofrion, Nofrion. 2018. Penguatan Kurikulum dan Pembelajaran Geografi.

Norsidi, Norsidi, And Paiman Paiman. 2018. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013 Di Kabupaten Ketapang. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Volume 5 Nomor 2, Hal: 202-216.

Ormond, B.M. 2017. Curriculum decisions–the challenges of teacher autonomy over knowledge selection for history. Journal of Curriculum Studies, Volume 49 Nomor 5, Hal: 599-619.

Ruja, I. Nyoman. 2017. Survey Permasalahan Implementasi Kurikulum Nasional 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Di Jawa Timur. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, Volume 9 Nomor 2, Hal: 193-199.

Selvira, Mega Paut. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas 4 Di SDN Pujokusuman 1 Jogyakarta. Jurnal Pendiidkan Guru SD, Volume 6 Nomor 5, Hal: 1-12

Slameto. 2015. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, Volume 1 Nomor 1. Hal 7- 21.

Sudjana, Nana. 2009. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang : CV. Widya Karya. Tatang, M. A. 2011. Manajemen Pendidikan.

UUSPN Nomor 20 Tahun 2003 BAB IX, Pasal 35, ayat 2, dan juga lihat pada penjelsan pasal demi pasal.

Widyastono. 2014. Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial DPR RI. VI, Volume 15. Hal 9-12.

Wijayati, E. C., Degeng, I. N. S., & Sumarmi, S. 2016. Kesulitan-Kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 1 Nomor 11, Hal: 2241-2247.

Wijayati, Eni Cahya, I. Nyoman Sudana Degeng, And Sumarmi Sumarmi. 2016. Kesulitan-Kesulitan Dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Volume 1 Nomor 11, Hal: 2241-2247.

Yusuf A. 2007. Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Lembaran Ilmu Kependidikan, Volume 36 Nomor 2, Hal: 85-95.

Zanna, Nur, And Marlinang Sitompul. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, Volume 9 Nomor 2, Hal: 166-170.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Journal of Teachers Work, Volume 4 Nomor 2. Hal 89-98. STKIP Persada Khatulistiwa Kalimantan Barat.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 448 times
PDF Download : 64 times

DOI: 10.36412/jepst.v1i1.1808

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jepst.v1i1.1808.g1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.