Application of the Number Head Together Cooperative Learning Model as an Effort to Improve the Economic Learning Outcomes of Class X IPS Students at SMA Negeri 2 Manado

Meity Longdong

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan model pembeljaran kooperatif number head together dan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X IPS. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian PTK dan dilaksanakan pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Manado tahun pelajaran 2019-2020. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menghitung prosentase ketuntasan hasil belajar yaitu minimal 70%, dimana setiap siswa dikatakan mengalami ketuntasan belajar jika mendapat nilai minimal 70. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar yang dicapai pada siklus kedua adalah 71,79 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal 75%. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan model pembeljaran kooperatif number head together dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X IPS.

 

Keywords: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif, nht


Full Text:

PDF

References


Fiteriani, I., & BAHARUDIN, B. (2017). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasipada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 1-30.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 41-62.

Jainuddin, H. (2018). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PENYAMPAIAN PENGUMUMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 HARUAI KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABALONG. Jurnal Langsat, 5(1).

Komara E, Mauludin A, (2018). Pengembangan Keprofesionalam Berkelanjutan (PKB) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK Bagi Guru.Bandung: Refika Aditama.

Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada.

Sugiyanto, 2008. Model-Model Pemebelajaran Kooperatif. Surakarta: Depdikbud.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.




DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2350

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2350.g1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.