PENGGUNAAN METODE CTL (Contextual Teaching and Learning) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SKIMMING SISWA CEREBERAL PALSY KELAS VIII SMPLB YPAC MANADO DI MANADO

Usman Duyo

Abstract


Diantara berbagai faktor yang menentukan hasil belajar siswa, maka faktor pelaksanaan strategi belajar mengajar pendekatan kelompok dengan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai salah satu metode mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia belum diterapkan di secara baik di SMPLB YPAC Manado. Selama ini adalah guru mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, hanya menggunakan strategi belajar mengajar pendekatan kelompok dengan metode ceramah, tidak diikuti dengan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai praktikum, sedangkan waktu atau jam pelajaran sangatlah terbatas. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran kemampuan membaca skimming melalui melalui metode CTL. Pada data awal sebelum tindakan, siswa tidak tertarik dengan pembelajaran. Sehingga berpengaruh terhadap kefokusan, minat dan prestasi belajar kemampuan membaca skimming mereka. Proses pembelajaran menjadi tidak maksimal. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ini dapat dilihat dari prosentase kefokusan dan ketertarikan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus ke tiga, siswa yang fokus dan tertarik terhadap pembelajaran sebanyak 100% (5 orang), Proses pembelajaran sudah dikatakan berkualitas karena setiap indikator mencapai prosentase diatas 75% atau lebih. Kedua, terjadi peningkatan kualitas hasil pembelajaran kemampuan membaca skimming melalui melalui metode CTL. Peningkatan proses pembelajaran menyebabkan kenaikan kualitas hasil pembelajaran yang dicapai. Prestasi belajar kemampuan membaca skimming siswa meningkat dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diadakan oleh guru dari siklus ke siklus. Penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas.
Keywords: Metode CTL, (Contextual Teaching and Learning), Membaca Skimming, Cereberal Palsy,


Full Text:

XML XML XML

References


Abdurrahman, Mulyono. (1996). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenga Guru, Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Alwasilah, A. Chaedar. (2007). “Meluruskan Pengajaran Sastra” Media Indonesia. Jakarta.

Burns dkk, (1996) dalam http://pustaka.ut.ac.id/puslata/pdf/70013.pdf.

Darmiyati Zuchdi. (2007). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY press.

Enco Mulyasa. (2006). Kurukulum yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Henry Guntur Tarigan. (1994). Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Munawir Yusuf, dkk. (2003). Pendidikan Anak dengan Problem Belajar. PT. Tiga Serangakai Pustaka Mandiri. Solo.

Mustafa. N. (1982). Rehabilitasi Anak Cacat Tubuh , Cermin Dunia Kedokteran. Jakarta

Lovilt. T.C. (1989). Introduction to Learning Disabilities. Boston : Allyn and Bacon.

Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas. 2002. Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarsih Madya, (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Suyatmi. (1994). Membaca Intensif. Surakarta. UNS. http://ahperpus. multi ply.com/journal/item /3 /Beberapa Strategi_Membaca

Undang – Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Fokusmedia. Bandung




DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2346

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2346.g1386

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2346.g1386

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2346.g1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.