Application of Role Playing Learning Methods to Increase the Motivation of Students in Class X Science

Venina Venina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran fisika materi besaran dan satuan dalam usaha meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Tahuna yang terdiri dari 40 siswa. Pembelajaran pada siklus 1 belum berhasil karena sebagian besar anak yang tidak ikut bermain peran dan mereka menjadi kurang aktif, sehingga cenderung bermain. Selanjutnya pada siklus kedua peneliti malakukan pengawasan yang ketat sehingga para siswa menjadi serius belajar dan mampu meningkatkan motivasi belajar yang secara tidak langsung meningkatkan aktivitas belajar siswa dan bersinergi pada hasil belaajar siswa. Penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran fisika materi besaran dan satuan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan juga meningkatkan aktivitas belajar siswa yang bersinergi pada peningkatan hasil belajarnya.


Keywords: motivasi belajar, metode pembelajaran role playing


Full Text:

XML XML

References


Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-logs Pembelajaran Fisika Dasar 1. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25

Cook, D. A., & Artino Jr, A. R. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical education, 50(10), 997-1014.

Dascalu, M. I., Bodea, C. N., Lytras, M., De Pablos, P. O., & Burlacu, A. (2014). Improving e-learning communities through optimal composition of multidisciplinary learning groups. Computers in Human Behavior, 30, 362-371.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 176-192.

Paudi, Z. I. (2019). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 111-120.

Purwanto, A. (2012). Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. EXACTA, 10(2), 133-135.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sugiharti, G. (2009). Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran struktur atom di kelas x MAN 1 Medan tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Matematika dan Sains, 4(1), 18-22.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 187-199.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Yanto, A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2345

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2345.g1385

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2345.g1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.