PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TOPIK IDENTIFIKASI SPERMATOPHYTA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 TONDANO

Ridel D. Aring(1), Orbanus Naharia(2), Anatje Lihiang(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan belajar mengajar tidak selalu harus dilakukan didalam ruang kelas saja, kegiatan belajar mengajar bisa juga dilakukan di lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan identifikasi tumbuhan Spermatophyta di lingkungan SMA N 3 Tondano melalui pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dibandingkan dengan metode ceramah. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa dan kelas kontrol juga terdiri dari 37 siswa. Data diambil dan di kumpulkan dari tes awal sebelum diterapkan identifikasi tumbuhan spermatophyta di Lingkungan SMA N 3 Tondano melalui pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 53.82 dan kelas kontrol 54.27 kemudian tes akhir sudah diterapkan identifikasi tumbuhan spermatophyta di lingkungan SMA N 3 Tondano melalui pendekatan (JAS) dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 83.34 dan kelas kontrol 77.21. Kesimpulannya penggunaan jelajah alam sekitar (JAS) dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Jelajah Alam Sekitar (JAS),Tumbuhan Spermatophyta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 488 times
PDF Download : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.