PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BERBASIS WISATA LOKAL KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara oleh salah satu guru yang ada di SMP Negeri 8 Satap Paleloan bahwa pada umumnya siswa memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 75%, sehingga siswa yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 50 %. Salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar siswa antara lain kondisi pembelajaran yang penerapannya masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi berbasis wisata lokal pada materi pelajaran keanekaragaman makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 13 siswa di SMP N 8 Satap Tondano di Paleloan. Pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, melalui lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus 1 untuk siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa (46,15%) sedangkan untuk siswa yang tidak tuntas berjumlah 7 siswa (53,85%), sehingga perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada siklus 2. Hasil penelitian pada siklus 2 menunjukan ada peningkatan hasil belajar yaitu untuk siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa (69,23%) sedangkan untuk siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa (30,77 %). Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA biologi berbasis wisata lokal konsep keanekaragaman makhluk hidup dapat meningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA Biologi, Wisata Lokal, Keananekaragaman Makhluk Hidup, Hasil Belajar.
Article Metrics
Abstract View : 567 timesPDF Download : 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.