PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIPADU MEDIA PETA KONSEP BERBASIS METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 1 BITUNG
(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author
Abstract
Di SMA Negeri 1 Bitung proses pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru, penyajian materi tidak dikemas secara menarik dan tidak menekankan konsep dari materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan membahas mengkaji pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dipadu media peta konsep berbasis metakognitif dalam pembelajaran materi Virus di kelas X siswa SMA Negeri 1 Bitung. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2016 dengan metode eksperimen semu dan rancangan randomized control grup Pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bitung dengan jumlah 194 siswa. Pengambilan data menggunakan teknik sampel acak (random sampling) pada 2 kelas yaitu kelas X Peminatan IPA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan X Peminatan IPA 3 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil Pretest dan posttest menunjukkan bahwa skor minimum 18 dan 70 serta skor maksimum 50 dan 99 untuk kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen, skor minimum 16 dan 46 dengan skor maksimum 86 dan 100. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dipadu media peta konsep berbasis metakognitif lebih baik dibandingkan hasil belajar dengan metode konvensional pada pembelajaran Biologi kelas X SMA Negeri 1 Bitung.
Kata Kunci: Metakognitif, Numbered Heads Together
Article Metrics
Abstract View : 305 timesPDF Download : 68 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.