PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LIRUNG KABUPATEN TALAUD

Nurwiani Senaen(1), Jeffry O. Raturandang(2), Johan A. Rampengan(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lirung. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel yang diambil adalah dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagi kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan model rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes berupa Pretest dan posttest kepada subyek penelitian, dan data tersebut dianalisis dengan menggunakn uji t. Hasil pengujian hipotesis ini menunjukan bahwa H1 = µ12 > µ22 dengan kata lain thitung = 3,24 > tTabel = 2,00. Maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Jelajah, Alam Sekitar, Hasil belajar


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 337 times
PDF Download : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.