PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PRAKTIKUM UJI GOLONGAN DARAH BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 TONDANO

Efel J. R. Muli(1), Herry M. Sumampouw(2), Helen J. Lawalata(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Masalah yang melatar belakangi penelitian ini setelah observasi awal dilakukan yaitu metode pembelajaran masih bersifat konvensional dan praktikum penggolongan darah kurang dilakukan sehingga pemahaman terhadap konsep biologi sulit dicerna. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran biologi melalui praktikum uji golongan darah berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c. Observasi, dan d. Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII b dengan jumlah siswa 20 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dengan materi sistem peredaran darah, jumlah siswa yang memenuhi KKM 12 orang atau 60% secara klasikal dan pada siklus dua dengan materi yang sama sistem peredaran darah, jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM 75 yaitu 18 orang atau 90% secara klasikal dan tidak tuntas 2 siswa atau 10 % diadakan remedial. Dengan demikian pembelajaran melalui praktikum uji golongan darah berbasis discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Discovery learning, hasil belajar, uji golongan darah


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 605 times
PDF Download : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.