PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA DI SMP NEGERI 3 TONDANO

Carolina Ngantung(1), Dintje F. Pendong(2), Herry M. Sumampouw(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Biologi saat ini menggunakan model pembelajaran konvensional. Masalah dalam pembelajaran biologi di SMP Negeri 3 Tondano tidak memfasilitasi kemampuan siswa dalam hal keterampilan proses. Keterampilan proses ini dapat di tingkatkan dengan menggunakanmodel pembelajaran yang tepat yaitu model Discovery learning. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampel Penelitian adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Discovery learning dapat meningkatkan Keterampilan Proses siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Tondano dengan Hasil yaitu aspek Mengobservasi (80,25), aspek Mengukur (50,77), aspek Mengklasifikasi (49,04), aspek Mengkomunikasikan (38,83) dan aspek Membuat inferensi (34,77).

Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Praktikum.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 253 times
PDF Download : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.