PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PRAKTIKUM PENGAMATAN PREPARAT ULAS DARAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 TONDANO

Karlina Timporok(1), Rudi A. Repi(2), Eline A. Tuju(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang dapat membantu siswa memecahkan berbagai masalah dan dengan menerapkan kegiatan praktikum dengan pendekatan saintifik maka dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains melalui praktikum pengamatan preparat ulas darah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tondano Tahun Ajaran 2015/2016 dengan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh skor rataan kelas eksperimen adalah 86.8 lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 77.2. Sementara data indikator keterampilan proses sains pada kelas eksperimen diperoleh hasil 64.74% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kelas kontrol yang hanya mencapai 57.2 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, di mana pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan proses sains melalui praktikum pengamatan preparat ulas darah pada materi sistem peredaran darah pada manusia.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Praktikum, Keterampilan Proses


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 486 times
PDF Download : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.