PEMANFAATAN MINIATUR HUTAN DENGAN METODE INKUIRI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TONDANO

Evelyn P. A. Assa(1), Rudi A. Repi(2), Meity N. Tanor(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah terlebih khusus pada materi pencemaran lingkungan masih sering diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri dengan memanfaatkan miniatur hutan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rancangan penelitian ini menggunakan randomized Pretest posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Tondano. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 peserta didik dan kelas VII C sebagai kelas kontrol berjumlah 25 peserta didik. Data hasil belajar diuji menggunakan statistic uji t. Hasil diperoleh thitung 9,28 > tTabel 2,01, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 86,16 dan kelas kontrol 62,28, maka Ho ditolak dan H1 di terima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan miniatur hutan dengan metode inkuiri pada materi pencemaran lingkungan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik

Kata kunci: Miniatur hutan, metode inkuiri, kemampuan berpikir kritis


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 219 times
PDF Download : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.