PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Falentino Temo(1), I W. Damai(2), James U. L. Mangobi(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk menentukan apakah penerapan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar melebihi KKM. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study, dimana kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Tompaso dipilih secara acak sebagai sampel. Skor posttest dari Turunan Fungsi Aljabar dibawa kedalam pengujian hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5%, uji statistik t adalah thit (3.8641) melebihi tTabel (1.7056). Oleh karena itu penelitian ini menolak H0 dan menerima H1, bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa setelah menerima model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari KKM.

Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar Siswa, Turunan Fungsi Aljabar


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 252 times
PDF Download : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.