PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR
(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok (group investigation) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SMA Negeri 2 Luwuk, KabupatenBanggai. Desain penelitian menggunakan Pretestposttest control group design dengan kelas XII IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XII IPA 2 (kelas kontrol). Data dalam penelitian di peroleh melalui pelaksanaan pretest sebelum ada perlakuan dan posttest sesudah di adakan perlakuan. Hasil penelitian dan analisis data di awali uji normalitas dengan menggunakan uji liliforceternyata kedua kelas berdistribusi normal, pengujian homogenitas data menggunakan uji F dengan hasil kedua kelas memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis mengunakan uji t dengan uji kedua pihak, dan hasil perhitungan uji t didapat thit > ttabyaitu thit= 2,25 dan ttab= 2,01. Dengan demikian H0 di tolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima H1, Sehingga Penggunaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok (group investigation) dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Kooperatif, Investigasi Kelompok, Hasil Belajar.
Article Metrics
Abstract View : 210 timesPDF Download : 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.