PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN

Edmon D. J. Siwi(1), Jorry Emor(2), Ichdar Domu(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Satap Tondano melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Satap Tondano, sehingga hasil belajar juga ikut meningkat. Peningkatan persentase rata-rata keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I ke siklus II yaitu dari 63,05% meningkat menjadi 70,32%. Peningkatan juga terjadi pada rata-rata hasil belajar siswa dari 73,75 pada siklus I, menjadi 79,30 pada siklus II.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 287 times
PDF Download : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.