EFEKTIFITAS KOMUNIKASI BAHASA DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR DI TK GMIM SION TOMOHON MELALUI BIMBINGAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

Karolina S Pangemanan(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui komunikasi yang efektif relevan untuk diterapkan pada bidang studi bahasa Indonesia. (2) Meningkatkan komunikasi yang efektif dapat meningkatkan ketuntasan belajar bahasa Indonesia di TK GMIM Sion Tomohon. Hasil observasi dan hasil tes pada tindakan I, siswa menunjukkan angka rata – rata mencapai 7,17 walaupun dari hasil tes masih ada beberapa orang siswa yang belum tuntas, sehingga ketuntasan baru mencapai 71,43%, setelah dilaksanakan tes siklus II, telah terjadi peningkatan dimana siswa yang tuntas mencapai angka 80,95% dan masih ada beberapa siswa yang belum mencapai ketuntasan. Siklus III, diperoleh angka ketuntasan sebesar 95,24% rata-rata nilai mencapai 7,88, yang berarti ketuntasan tercapai pada siklus III. Berdasarkan temuan tersebut, maka efektifitas komunikasi bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar dan metode ini dapat menjadi acuan bagi pengajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Komunikasi, Bahasa, Supervisi kepala sekolah.

References


Badudu, JS. 2006. Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jakarta:Intisari.

Dardjowidjojo, S. 1996. Metode dan keberhasilan Pengajaran Bahasa. Makalah dalam Konferensi Internasioanl II Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIP BAHASA II). IKIP

Dubin, F, and D.E Eskey and W Grabe. 1986. Teaching Second Language: Reading for Academic Purposes. Addison: Wesley Publishing Co.

Google search.www.teknologi dan pergeseran makna..blog. 5 Juli 2007

Google search.www.kegagalan pengajaran bahasa Indonesia_monumen cinta.blog. juli 3 2005.

Heritaningsih, A. 2000.Tupanatupan@peter.petra.ac.id.http://fportfolio.etra.ac.id/userfiles/82-006/Makalah%0BAHASA,%20anneke.doc.

Kartomihardjo, S. 1996. Bahan Pengajaran Bagi Pembelajar Pemula Dan Teknik Penyampaiannya. Makalah dalam Konferensi Internasional II Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIP BAHASA II). IKIP

Lado, R. 1985. Memory Span as a Factor in Second Language Learning, dalam IRAL 3:23-129.

Lapoliwa, H. 1996. Bahasa dan Pembinaan Citra Bahasa Indonesia.Makalah dalam Konferensi Internasioanl II Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIP BAHASA II). IKIP

Nunan, D. 1990. Designing Tasks for Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Riasa, N. 1996. Bahasa In Bali: Program Pengajaran BahasaIndonesia Yang Memadukan Komponen Linguistik Dan Budaya Bagi Penutur Asing. Makalah dalam Konferensi Internasioanl II Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBAHASA II). IKIP

Subyakto-Nababan. 1996. Pengajaran Bahasa Indonesia Kepada Penutur Asing Menurut Pendekatan Komunikatif. Makalah dalam

Konferensi Internasioanl II Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIP BAHASA II). IKIP.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 88 times
PDF Download : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.