PEMAHAMAN KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA MAHASISWA S1 BIMBINGAN KONSELING FIP UNIMA

Deklay Nainggolan(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman mahasiswa S1 Bimbingan Konseling FIP Unima tentang konsep Manajemen Pendidikan. Menggunakan metode deskriptif, dengan mengambil sampel sebanyak 23 orang mahasiswa BK FIP Unima semester II tahun akademik 2018/2019. Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan prosentase yaitu 57% mahasiswa mendapatkan nilai minimal 2.50. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep ManajemenPendidikan mahasiswa S1 BK FIP Unima secara umum sudah memuaskan. Hal ini terlihat dari 57% dari mahasiswa S1 BK FIP Unima dapat memahami konsep Manajemen Pendidikan dan 43% belum memahami secara maksial. Hasil yang didapatkan adalah pemahaman yang masih keliru tentang konsep Manajemen Pendidikan terutama dalam Tujuan Manajemen Peserta Didikdan fungsi Lembaga Pendidikan. Kata Kunci : Pemahaman, konsep,manajemen, pendidikan.

References


Armstrong David. Education an Introduction. New York . MacMillan.1981

Santrock John. W. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group www.words.steveklabnik.com/theory-and-practice

Sobur, Alex.. Psikologi Umum. Bandung:Pustaka Setia.

Unesco.org/new/en/santiago/education/lifelong-learning


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 436 times
PDF Download : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.