MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS V SD

Bobby A Lompoliu(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan untuk memperoleh kajian tentang meningkatkan hasil belajar IPS tentang materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) di kelas V SD GMIM 2 Tumpaan. Metode penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I didapat nilai rata-rata 60 % sedangkan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 90 %. Hasil tersebut sudah melewati KKM yaitu 75% hal ini berarti tujuan penelitian ini telah berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD. Saran kepada guru yang akan memberi pelajaran IPS agar dapat menggunakan model pembelajaran yang baik dan sesuai serta dapat memperluas wawasan mengenai model pembelajaran yang akan diterapkan agar supaya hasil belajar IPS khususnya tentang materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di kelas V SD dapat meningkat. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (student Team Achivement Division, hasil belajar, IPS.

References


Abadi 2005. Contoh pengembangan Bidang Studi IPS. Jakarta: DEPDIKNAS

Jumanta Hamdayama. 2016. Metodelogi Penelitian, Model Pembelajaran STAD. Jakarta: PT REMAJA ROSDA KARYA

Mustaqim dan Astuty. 2007. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan

Slameto. 2010. Belajar dan Faktorfaktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sanjaya Wina, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Grup

Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup

Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Teori dan Praktik. Jakarta: PRESTASI PUSTAKA.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Bandung

Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jakarta : Yrama Widya


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 245 times
PDF Download : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.