PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD GMIM SENDANGAN SONDER

Richard D. H Pangkey(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Example non Example pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian di SD GMIM Sendangan Sonder, subjek siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dilakukan selama dua siklus. Data observasi tindakan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data pendukung lainnya adalah hasil refleksi yang telah dianalisis dengan diskusi bersama kolaborator. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai siswa yakni pada siklus I adalah 65,55 % dan pada siklus II mengalami peningkatan 87,22%. Simpulan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas VI SD Katolik Sta.Maria Rurukan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Example non Examle, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

References


Agus Suprijono. 2009 Model Pembelajaran Examples Non Examples. Online,

(https:://www.eurekapendidikan.com/2015/02/model-pembelajaranexamples-non-examples.html) diakses tanggal 26 Maret 2018.

Hary Kurniady 2010:1). Eureka Pendidikan. 2015. Model Pembelajaran Examples Non Examples.Online (https://www.eurekapendidikan.com/2015/02/model-pembelajaranexamples-non-examples.html) diakses tanggal 26 Maret 2018.

KBBI. Pengertian Model dan Pembelajaran. Online (https://jagokata.com/artikata/model. html ) diakses tanggal 06 Desember

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rudi Hartono. 2013/2014. Model Ragam Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta : DIVA Press.

Saidihardjo & Samadi HS. 1996. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: FIP FKIP.

Winataputra, Udin, 2007. Teori Belajar dan Pembelajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas terbuka.

Yusri Panggabean. Dkk. 2017. Strategi, Model, dan Evaluasi. Bandung: Bina Media Informasi.

Zainal Aqib, (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung:Yrama Widya. Citra Umbara.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 467 times
PDF Download : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.