Teknik Instalasi Rumah Sederhana Bagi Remaja Putus Sekolah Di Desa Panasen Kecamatan Kakas Barat

Janne Deivy Ticoh(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Keselamatan dan isu hemat energi menjadi salah satu bagian penting dalam Teknik instalasi tegangan rendah. Fakta dilapangan masih banyak instalasi pada beban perumahan yang belum sesuai standart diakibatkan kebanyakan instalatir tidak memiliki pengetahuan tentang standar instalasi tegangan rendah sehingga faktor keamanan/keselamatan yang dipertarukan. Begitu juga dengan penggunaan energi listrik oleh konsumen yang masih kurang efisien yang mengakibatkan tagihan listrik yang besar. Sebagaian besar Instalasi Listrik Desa Panasen kec. Kakas Barat Kabupaten Minahasa Prov. Sulut masih dikerjakan oleh instalatir yang tak memiliki latar belakang kompetensi kelistrikan, sebagian besar masih berdasarkan pengalaman sendiri. Di desa ini juga tidak jarang dijumpai pemuda/remaja putus sekolah, yang tidak mungkin merupakan konstributor terhadap kasus kenakalan remaja. Untuk itu Target pelaksanaan Pelatihan Hemat Energi dan Ketrampilan dasar Instalasi Listrik di tujukan pada remaja putus sekolah dengan tujuan untuk memberikan mereka keahlian/pengetahuan tentang instalasisesuai standar intalasi tegangan rendah dan Teknik penghematan energi listrik sehingga bisa mengurangi akibat kesalahan instalasi listrik berupa kebakaran rumah serta secara tidak langsung mengurangi kenakalan remaja akibat pengangguran. Metode yang dilaksanakan berupa mengajarkan teknik dasar instalasim berupa menggambar/membaca simbol listri, teknik penyambungan, keamanan/keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan listrik, kemampuan pemecahan masalah-masalah kelistrikan rumah tangga, pemeliharaan peralatan listrik rumah tangga serta bagaimana menekan pemakaian energi listrik.

References


Bisri S. Perancangan Sistem Dan Instalasi Listrik Apartemen The Yudhistira Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Fakultas Teknik Universitas

Muhammadiyah Yogyakarta). 2018

Keselamatan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Voltase Rendah Untuk

Rumah Tangga, Puil 2011

Heryanto I, Joelianto G, Wiwaha Ss. Proyek Instalasi Listrik: Proyek

Instalasi Listrik. Upt Percetakan Dan Penerbitan Polinema; 2018

Sep1.

Jumnahdi M, Dinata I. Evaluasi Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tinggal Di Atas Umur 15 Tahun Di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat. Inprosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat 2017.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 170 times
PDF Download : 20 times

DOI: 10.36412/jds.v1i1.811

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i1.811.g737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.