PKM Pengembangan Model Pendidikan Karakter pada SMA Kosgoro Tomohon

Hetty Tumurang(1),


(1) Universitas negeri manado
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMA Kosgoro Tomohon yang berada di Kelurahan Tumatangtang Satau, Kacamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara ini bertujuan untuk membantu SMA Kosgoro Tomohon agar menjadi lebih berkualitas dan mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada peserta didiknya. Dalam pelaksanaan pengabdian ini target yang telah dicapai adalah untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan model pendidikan karakter. Hal ini agar suapaya para pendidik dan peserta didik paham tentang pentingnya pendidikan karakter bagi bangsa. Untuk kegiatan pengembangan pendidikan karakter ini menghasilkan penguasaan model pembelajaran pendidikan karakter oleh para pendidik yang membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan minat belajar dari siswa-siswinya menjadi lebih tinggi. Untuk mencapai pelayanan yang maksimal para guru diberikan pelatihan dan pengembangan tentang model pendidika karakter agar nantinya proses pembelajaran diharpkan dapat semakin efektif Kegiatan ini membawa dampak positif bagi SMA Kosgoro Tomohon, untuk itu sangat diharapkan bahwa nantinya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali

References


Agus Wibowo, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Ahmad Hufad & Sofyan Sauri, PendidikanKarakter Berbasis Nilai : Antara Makna, Urgensi dan Praksis, dalam Potret Profesionalisme Guru dalam Membangun Karakter Bangsa: Pengalaman Indonesia dan Malaysia. Konferensi Internasional Pendidikan Guru ke-4 (UPI- UPSI), Pendidikan Guru Untuk Membangun Karakter dan Budaya Bangsa, 8 – 10 Nopember 2010, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Arifah A.Riyanto dan Tati Abas, Model Pembelajaran Kewirausahaan Bidang Busana Berbasis Gaya Belajar Mahasiswa, dalam Potret Profesionalisme Guru dalam Membangun Karakter Bangsa: Pengalaman Indonesia dan Malaysia. Konferensi Internasional Pendidikan Guru ke- 4 (UPI-UPSI), Pendidikan Guru Untuk Membangun Karakter dan Budaya Bangsa, 8 – 10 Nopember 2010, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Asep Mahpudz, Pendidikan Karakter dalam Membangun Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia: Tantangan dan Peluang Implementasi Di Persekolahan dalam Prayoga Bestari & Syaifullah Syam, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa (Nation and Character Building): Refleksi, Komitmen dan Prospek, Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS UPI, 2010.

Gall, Meredith D., Joyce P.Gall & Walter R. Borg, Educational Research:An Introduction, Boston, MA: Allyn & Bacon, 2003.

Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Yustisia), 2009,

Lonto, A.P., Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Sosio-Kultural Pada Siswa SMA di Minahas, Mimbar-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Volume 31 Nomor 2 (Desember 2015).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2006.

Sutarjo Adisusilo, Konsep pendidikan karakter yang dinyatakan oleh Daniel Goleman dalam Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai- Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif (Jakarta: 2012)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 241 times
PDF Download : 45 times

DOI: 10.36412/jds.v2i1.1114

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v2i1.1114.g1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.