TEKNIK PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU- GURU SMAN 1 KUMELEMBUAI
(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ternyata sangat besar dampaknya bagi pengembangan strategi pembelajaran ( Anonimous, 1 : 2010). Di sisi lain tak dapat disangkal seringkali dalam penyajian umumnya penyaji, yang nampak adalah seluruh pengulangan dalam tampilan layar, sehingga seolah hanya membacakan kembali materi sajian tersebut dan pada akhirnya fungsi multimedia kurang optimal dan membosankan. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis ingin memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada guru-guru menyangkut teknis penyajian dengan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran dalam pola yang menarik. Bagaimana menjelaskan teknik pemanfaatan multimedia bagi guru-guru SMU. Bagaimana memotivasi dan memberikan pelatihan yang efektif terhadap guru-guru dimaksud. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik dan mendapat sambutan dari guru-guru, dimana 100% guru-guru SMAN 1 mengikuti pelatihan multimedia. Pada evaluasi sebelum pelaksanaan guru-guru belum memahami penggunaan multimedia walaupun sebagian telah memanfaatkan laptob/computer dalam pembelajaran. Kesulitan utama- guru belum mempunyai LCD projector. Pada akhir pelaksanaan sebagian besar guru meminta tambahan waktu praktek.
References
Anonimous, 2010. Profesionalisme Guru. Kementerian Pendidikan Nasional Unima.
Kemp, J. 1994. Perancangan Pengajaran. ITB. Bandung
Oemar Hamalik, 2000. Media Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Sujana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Article Metrics
Abstract View : 179 timesPDF Download : 9 times
DOI: 10.36412/jds.v1i2.1106
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i2.1106.g1048
Refbacks
- There are currently no refbacks.