PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN PINASUNGKULAN KECAMATAN RANOWULU KOTA BITUNG

Anggreiny C. J. Emor(1), Apeles Lexi Lonto(2), Theodorus Pangalila(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pendidikan anak di kelurahan Pinasungkulan kecamatan Ranowulu kota Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Ketepatan penentuan metode ini didasarkan pada pendapat Winarno Surachmat (1982:139), bahwa aplikasi metode ini dimaksudkan untuk penelitan yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh rxy = 0,753. Kemudian dilanjutkan mengukur keberartian koefisien dengan menggunkan uji-t, dengan memperoleh hasil thitung = 7,323. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel atau 7,323 dengan 1,683. Karena thitung lebih besar dari ttabel atau 7,323 > 1,683 maka menerima Ha artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pendidikan anak di Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung dan menolak H0 yaitu Tidak Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pendidikan Anak.


Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendidikan Anak


References


Arikunto, Suharsimi. Dkk. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dirto, Hadisusanto, dkk. (1995). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Djohar, As’ari. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Faisal, Sanapiah (1981). Pendidikan Luar Sekolah. Surabaya. Usaha Nasional.

Haryono, Suyono. (1993). Pembangunan Kesejahteraan Sosial di Indonesia. Jakarta: BKKBN.

Joni, Raka T. (1992) Pokok-pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta: konsorsium pendidikan, Ditjen Dikti

Mely S.S. Rifai. (2000). Pendidikan Keluarga. Bandung: Pascasarjana UPI

Ngalim Purwanto. (1997). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purwadarmita. W. J.S. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pidarta, Made. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rohman, Arif. (2013). Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Aswaja Persindo

Soedirjarto. (2007). Pendidikan Dalam Pendidikan Nasional. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardan, Dadang. (2005). Pendidikan Multibudaya. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama

Surachmat, Winarno. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung Tarsito.

Suwarno, Wiji. (1992). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Tilaar, H.A.R. (2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

___________ dan Riant Nugroho (2006). Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1181 times
PDF Download : 463 times

DOI: 10.36412/ce.v3i1.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan