ANALISIS PENGARUH PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN PEMBAHASAN HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA SISWA KELAS IX – A SMP NEGERI 2 BANGKALAN

Wiwik Noerwiyati(1),


(1) SMP Negeri 2 Bangkalan
Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Kewarganegaraan yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan telah berlangsung sesuai dengan tuntutan kurikulum. Namun dalam pelaksanaan dirasa masih belum memenuhi harapan yang diinginkan. Hal ini didasarkan pada pengamatan tentang pelaksaan pembelajaran, di mana guru masih menerapkan metode konvensional yaitu metode ceramah yang kadang-kadang diselingi tanya jawab. Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan bentuk perubahan pola piker tersebut, yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik-empirik. Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, yaitu untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pelaksanaan penelitian portofolio terhadap prestasi belajar pada bidang studi Kewarganeegaraan dalam pembahasan Hakikat Bangsa dan Nagara, maka metode penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode statistik korelasional. Simpulan yang dapat ditarik yaitu bahwa pelaksanaan penilaian portofolio akan mempengaruhi prestasi pembelajaran pada bidang studi Kewarganegaraan dalam pembahasan Hakikat Bangsa dan Negara siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Bangkalan tahun pembelajaran 2013/2014:

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar PKn, Portofolio


References


Arnie Fajar, 2022. Portofolio dalam pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

………portofolio Based Learning. WWW.Primarycare-uwcm.ac.ak. Diakses 10 Oktober 2003

Boediono, dkk.2001. Kurikulum Berbasis KomQetensi. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Budimansyah, Dasim, dkk. 2001. Apa dan Mengapa Model Pembelajaran

Berbasis Portofolio? Makalah disampaikan Pada Diklat Guru SLTP Jawa Barat di Lembang

……… 2002. Mengenal Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Makalah disampaikan Pada Diklat Guru SLTP Kabupaten Sumedang di Sumedang.

Imron, All. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kartini, Kartono, 1980. Metodologi Research. Bandung : Alumni.

Mattew Kaplan, The Teaching Portofolio. www.clrt.umich.edu/publinks/CLRT noll.pdf. Diakses 20 September 2003

Patton, Michael Quin. 1986. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hill London: Sage Publication Inc

Poewardarminto, W.J.S. 2002. Kamus Umum Bahsa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, Ngaliman M.P. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Ros Pakarya.

Suharsimi, Arikunto. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujana, 1996. Metode Statistika. Bandung: Transito

Sujanto, Agus. 1979. Psikologi Umum Jakarta: Bumi Aksara

Sutrisno, Hadi. 1999. Statistika 11 Yogyakarta: Yayasan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Tabrani, Rusyan, A. 1999. Penuntun Belajar Yang Sukses. Jakarta: Nine Karya Jaya.

Tim MKDK. 1996. Metode Statistika. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.

Wahyuti, Maryono. 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Balai Pendidikan Guru.

Walgito, Bimo. 2000. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah edisi _IV. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 572 times
PDF Download : 136 times

DOI: 10.36412/ce.v1i2.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan