ANALISIS PENGARUH PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN PEMBAHASAN HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA SISWA KELAS IX – A SMP NEGERI 2 BANGKALAN

(1) SMP Negeri 2 Bangkalan

Abstract
Pembelajaran Kewarganegaraan yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan telah berlangsung sesuai dengan tuntutan kurikulum. Namun dalam pelaksanaan dirasa masih belum memenuhi harapan yang diinginkan. Hal ini didasarkan pada pengamatan tentang pelaksaan pembelajaran, di mana guru masih menerapkan metode konvensional yaitu metode ceramah yang kadang-kadang diselingi tanya jawab. Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan bentuk perubahan pola piker tersebut, yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik-empirik. Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, yaitu untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pelaksanaan penelitian portofolio terhadap prestasi belajar pada bidang studi Kewarganeegaraan dalam pembahasan Hakikat Bangsa dan Nagara, maka metode penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode statistik korelasional. Simpulan yang dapat ditarik yaitu bahwa pelaksanaan penilaian portofolio akan mempengaruhi prestasi pembelajaran pada bidang studi Kewarganegaraan dalam pembahasan Hakikat Bangsa dan Negara siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Bangkalan tahun pembelajaran 2013/2014:
Kata Kunci: Prestasi Belajar PKn, Portofolio
References
Arnie Fajar, 2022. Portofolio dalam pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
………portofolio Based Learning. WWW.Primarycare-uwcm.ac.ak. Diakses 10 Oktober 2003
Boediono, dkk.2001. Kurikulum Berbasis KomQetensi. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Budimansyah, Dasim, dkk. 2001. Apa dan Mengapa Model Pembelajaran
Berbasis Portofolio? Makalah disampaikan Pada Diklat Guru SLTP Jawa Barat di Lembang
……… 2002. Mengenal Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Makalah disampaikan Pada Diklat Guru SLTP Kabupaten Sumedang di Sumedang.
Imron, All. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.
Kartini, Kartono, 1980. Metodologi Research. Bandung : Alumni.
Mattew Kaplan, The Teaching Portofolio. www.clrt.umich.edu/publinks/CLRT noll.pdf. Diakses 20 September 2003
Patton, Michael Quin. 1986. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hill London: Sage Publication Inc
Poewardarminto, W.J.S. 2002. Kamus Umum Bahsa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Purwanto, Ngaliman M.P. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Ros Pakarya.
Suharsimi, Arikunto. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujana, 1996. Metode Statistika. Bandung: Transito
Sujanto, Agus. 1979. Psikologi Umum Jakarta: Bumi Aksara
Sutrisno, Hadi. 1999. Statistika 11 Yogyakarta: Yayasan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Tabrani, Rusyan, A. 1999. Penuntun Belajar Yang Sukses. Jakarta: Nine Karya Jaya.
Tim MKDK. 1996. Metode Statistika. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.
Wahyuti, Maryono. 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Balai Pendidikan Guru.
Walgito, Bimo. 2000. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah edisi _IV. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Article Metrics
Abstract View

DOI: 10.36412/ce.v1i2.498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan