DEMOKRASI KOTAK KOSONG (Studi Kasus Pada Pemilukada Kota Jayapura Tahun 2017)

Senalince Mara(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Kehidupan berdemokrasi di Tanah Air terus mengalami perkembangan yang dinamis. Perbaikan demi perbaikan dilakukan dengan memetik pengalaman di masa lalu. Pun demikian dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Kemandekan hukum yang disebabkan tidak diperbolehkannya calon tunggal dalam pilkada dipecahkan Mahkamah Konstitusi. Pilkada tetap bisa berlanjut meski hanya ada satu pasangan calon yang maju. Hal itu kemudian diatur dalam Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Seyogianya proses pencalonan yang berujung pada calon tunggal merupakan kondisi kedaruratan. Hal demikian pun terjadi pada pemilihan Walikota Jayapura periode 2017-2022, pada saat pendaftaran calon wali kota-dan wakil wali kota di ikuti oleh tiga pasangan calon, dan ketika verifikasi berkas satu calon dinyatakan gagal alias tidak lulus administrasi oleh KPUD Kota Jayapura, dan hanya tersisa dua calon, namun dalam waktu berjalan satu calon lagi dinyatakan gagal oleh keputusan Mahkama Agung, dengan demikian maka pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2017 hanya di ikuti oleh satu pasangan calon. Adapun tujuan dalam adalah untuk mengetahui parisipasi masayrakat pada pemilihan Wali kota Jayapura Tahun 2017 Hasil penelitian menenjukan KPU Kota Jayapura secara resmi menetapkan Paslon Tunggal dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jayapura, tahun 2017, yang memenuhi syarat pasangan calon atas nama  DR. Benhur Tomy Mano, MM dan Ir. H. Rustan Saru, MM (BTM-Harus). Menurut  Mukri, Keputusan KPU Kota Jayapura Nomor 4  Kpts/Kpu-Kt-Jpr/I/ 2017 tentang penetapan Paslon Tunggal dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jayapura tahun 2017 pada tanggal 11 Januari 2017  yang ditandatangani Ketua KPU Kota  Jayapura Yermis Numberi. Akibatnya partisipasi pemilih di Kota Jayapura, dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota mengalami penurunan 30 hingga 40 persen karena kurang adanya sosialisis kepada masayrakat.

 Kata Kunci: Demokrasi, Kotak Kosong, Pilkada


References


Abdulkarim, Aim.2010.Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Warga Negara yangDemokratis". Jakarta: PT Grafindo Media Pratama.

A. Ubaedillah dan Abdul Rozak, 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Edisi Ketiga (Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani). Jakarta: Prenada Media Group.

Aa Nurdiaman, Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara.Jakarta: PT Grafindo Media Pratama

Mochlisin. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP. Jakarta: Interplus.

Gunawan, Markus. 2008. Buku pintar calon anggota dan anggota legislatif, DPR, DPRD dan DPD. Tangerang: Visimedia.

St. Benn and R.s Peters. Principels of political thought (New york : Collier Books, 1964). h. 393.

Sugiyono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta Bandung.

Sorensen, Georg. (2003). Demokrasi dan Demokratisasi (Proses dan Prospek dalam Sebuah Dunia yang Sedang Berubah ). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Soekanto, Soerjono. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Publik(KOMPIP).

Sulastomo, (2014), Cita-Cita Negara Pancasila. Penerbit PT Kompas Media Nusantara Jln Palmerah Selatan 26-28, Jakarta10270

Pradhanawati, Ari (Peny). (2005). Pilkada Langsung Tradisi Baru Demokrasi Lokal.Jakarta: Konsorsium Monitoring dan Pemberdaya Institusi.

Prihatmoko, Joko J. (2005), Pemilihan Kepala Daerah Langsung: Filosofi, Sistem dan Problema Penerapan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Febri Purnama. (2009). Meretas Perdamaian Dalam Konflik Pilkada Langsung. Yogyakarta: Gava Media.

Rubin, Jeffrey Z. (2004). Teori Konflik Sosial.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Rais, Amien (Pengantar). (1986). Demokrasi dan Proses Politik. Jakarta: LP3ES Pendidikan Nasional.

Rizkiyansyah, Ferry Kurnia. (2007). Mengawali Pemilu Menatap Demokrasi(Catatan Penyelenggaraan Pemilu 2004). Bandung: IDEA Publishing.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1031 times
PDF Download : 378 times

DOI: 10.36412/ce.v2i1.443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan