Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PPKn Semester 7 Pada Perkuliahan PKn

Jaya Sasube Sore(1), Natanael Kaunang(2), Theodorus Pangalila(3),


(1) Unima
(2) Unima
(3) Unima
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa PPKn semester 7 pada perkuliahan PKN. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan PPKn tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah 28 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif ini diharapkan mampu memberikan gambaran atau hasil tentang hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 7 PPKn pada perkuliahan PKN.

References


Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudiyahardjo, R. (2000). Pengantar Pendidikan: Sebuah Study Awal

Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pangalila, T. (2017). Interaksi Sosial Dosendan Mahasiswa Dalam Proses Perkuliahan di Jurusan PPKn FIS Unima. PKn Progresif, 12(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: ALFABETA.

W. S. Winkel. (2004). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 353 times
PDF Download : 110 times

DOI: 10.36412/ce.v3i2.1100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan