Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Materi Batuan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 9 Binsus Manado

Denny Maliangkay(1),


(1) Program Studi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Model Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat membantu guru dalam menghubungkan antara materi pembelajaran dengan lingkungan nyata kepada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran kontekstual CTL dan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran geografi khususnya tentang jenis batuan. Kegiatan dilaksanakan selama 3 bulan. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri atas 3 siklus. Siklus I, guru menunjukkan jenis batuan sambil menjelaskan dan siswa mengerjakan kartu soal, siklus II siswa mengamati, mengidentifikasi, dan mengelompokan jenis batuan dengan mengerjakan tabel kerja pada LKS secara berkelompok di luar kelas atau lingkungan sekolah kemudian mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan siklus III, siswa ditugaskan membawa 10 jenis batuan yang berbeda dari rumah kemudian diamati, diidentifikasi dan dikelompokan dengan mengerjakan LKS lalu dipresentasikan di depan kelas sambil menunjukkan jenis batuan satu persatu secara individu sesuai LKS. Hasil temuan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa akibat motivasi dan aktivitas belajar siswa dalam melakukan pengamatan, mengidentifikasi atau mengelompokan jenis batuan dan mengerjakan soal LKS baik secara kelompok maupun individu. Pada akhir tindakan, berdasarkan indikator keberhasilan terbukti bahwa tindakan yang diberikan berhasil meningkatkan pemahaman siswa hingga mencapai ketuntasan secara klasikal. Pada post-test sebelum menerapkan pendekatan CTL, ketuntasan belajar siswa adalah 20%, setelah diberikan tindakan post-test pada siklus I ketuntasannya 48,57%, siklus II 74,20% dan pada siklus III 88,57%. Oleh karena itu, apabila hendak meningkatkan pemahaman siswa tentang jenis batuan dapat menerapkan pendekatan Model Pembelajaran kontekstual.

Kata Kunci: Contextual  Teaching and Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Geografi, Batuan


References


Departemen Pendidikan Nasional 2002. Menejemen Pendidikan Mutu berbasis Sekolah Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Depdiknas Jakarta

Nasution, S. 1992 Dikdaktik Asas-Asas Mengajar Jemars. Bandung

Nurhady 2002. Pendekatan Kontekstual . Dirjen Dikdasmen Diknas Jakarta

Pasaribu.I.L. & B. Simanjuntak 1993. Proses Belajar Mengajar. Tarsito. Bandung.

Sardiman A. M. 1996. Interakasi dan Motivasi Mengajar C.V. Rajawali. Jakarta

Intruktur 2008 Model Model Pembelajaran Efektif . Materi/Bahan Ajar Pelatihan PTK UNIMA.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 257 times
PDF Download : 34 times

DOI: 10.36412/jepst.v1i2.2126

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jepst.v1i2.2126.g1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.