Studi Fungsi Pengaman Pantai di Pesisir Teluk Manado

Jeffrey Andre Delarue(1),


(1) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini didasari untuk mengetahui fungsi kinerja bangunan pengaman pantai pada beberapa titik di Pesisir Teluk Manado. Penentuan fungsi kinerja pengaman pantai merupakan salah satu parameter yang mengindikasikan apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, sehingga melalui pemantauan kinerja dapat diambil tindakan untuk memperbaiki fungsi dari bangunan pengaman pantai. Fungsi kinerja bangunan pengaman pantai dilakukan dengan pengamatan secara langsung dengan metode survei dan proses analisis data menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Pelabuhan Manado, Daerah KFC Kawasan Megamas dan Pantai Sindulang. Hasil survei lapangan, menunjukan fungsi pengaman bangunan pantai Tetrapod yang terletak di daerah Pelabuhan Manado tergolong baik, kaki bangunan pantai, bagian tengah dan bagian atas bangunan pantai masih tersusun dengan kondisi baik yang sangat bermanfaat untuk melindungi kapal-kapal dan bangunan di sekitar. Fungsi kinerja bangunan pengaman di daerah sekitar KFC pada Kawasan Megamas menunjukkan kinerja yang baik tapi perlu dilakukan pemeliharaan, karena telah menunjukkan adanya batuan yang terlepas pada bagian tengah bangunan pengaman pantai. Sedangkan di daerah Pantai Sindulang, fungsi kinerja bangunan pengaman pantai telah mengalami penurunan yang ditunjukkan pada bagian ujung pengaman pantai tampak mulai terlepas dari bagian induk. Begitu juga dengan bagian tengan bangunan pengaman pantai, terdapat bagian-bagian batuan yang mulai terlepas. Tindakan yang dapat perlu dilakukan adalah pemeliharan bangunan pengaman pantai dan pembersihan sampah agar kinerja pengaman pantai di sekitar pesisir teluk manado dapat berfungsi dengan baik.

Kata Kunci: Fungsi, Kinerja, Pengaman Pantai, Teluk Manado


References


Ersa M., Wihantoro Bramudya, and Sasmito. 2008. “Perencanaan Bangunan Pelindung Pantai Muarareja, Tegal.” Universitas Diponegoro.

Samaila, Muh Akhsan, and Siti Marohatus Hidayatun. 2018. “Efektifitas Kinerja Bangunan Pengaman Pantai Di Desa Munte Kabupaten Luwu Utara.” 04: 1–6.

Republik Indonesia. 2010. Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 07/SE/M/2010 tentang Pemberlakukan Pedoman Pelaksanaan Konstruksi Bangunan Pengaman Pantai. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum

Triatmodjo Bambang. 2014. Perencanaan Bangunan Pantai. Yogyakarta: Beta Offset.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 16 times
PDF Download : 2 times

DOI: 10.36412/jepst.v1i2.2123

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jepst.v1i2.2123.g1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.