Pemetaan Wilayah Bank Sampah Guna Menunjang Penerapan Green Constitution di Kota Manado

Felly Ferol Warouw(1), Fransiscus Jani Lumape(2), Piet Hein Pusung(3), Herwyn Jefler Malonda(4),


(1) Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
(2) Manajemen Pemerintahan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri
(3) Manajemen Pemerintahan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri
(4) Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Brawijaya Malang
Corresponding Author

Abstract


Isu global sampah sangat mengkhawatirkan karena berdampak langsung pada lingkungan biotik dan abiotik bahkan telah menyebabkan bencana non alam. Mengurangi sampah dari sumbernya dengan metode pemilahan dan dikelola lanjut menjadi produk baru merupakan cara untuk menangani permasalahan sampah. Mengurangi sampah dari sumbernya dengan pemilahan selanjutnya ditabung di Bank Sampah adalah terobosan yang menjanjikan dan dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah sekaligus menunjang penerapan green constitution di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pemetaan wilayah persebaran bank sampah di Kota Manado dalam menunjang penerapan green constitution. Data diperoleh melalui penelitian menggunakan aplikasi pemetaan dan dilakukan dengan mesin pencari google, dengan dasar bahwa aplikasi ini banyak digunakan dalam mencari alamat oleh berbagai pengguna. Data dianalisis menyangkut pemetaan posisi bank sampah yang ada di Indonesia, ditemukan dalam situs milik kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dengan nama sistem informasi pengelolaan bank sampah nasional. Namun saat difokuskan pencarian bank sampah khusus di kota Manado, maka aplikasi smash yang dapat menunjukkan lokasi bank sampah yang ada. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan pemetaan posisi bank sampah di kota Manado terdiri dari pusat, pinggiran, dan luar kota. Selanjutnya hasil perbandingan ketiga bank sampah menghasilkan metode pengelolaan yang dapat disimpulkan bahwa pengelolaan bank sampah efektif dilakukan melalui strategi penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam pengelolaan sampah pada sumbernya di tingkat masyarakat. Hasil pemetaan diharapkan menjadi dasar pengembangan kebijakan green constitution sebagai pengembangan model pengelolaan bank sampah di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Pemetaan, Pengelolaan Bank Sampah, Green Constitution, Kota Manado


References


Baby, C. J., Singh, H., Srivastava, A., Dhawan, R., & Mahalakshmi, P. (2018). Smart bin: An intelligent waste alert and prediction system using machine learning approach. Proceedings of the 2017 International Conference on Wireless Communications, Signal Processing and Networking, WiSPNET 2017. https://doi.org/10.1109/WiSPNET.2017.82Pemte99865

CNN, I. (2018). Riset: 24 Persen Sampah di Indonesia Masih Tak Terkelola. CNN Indonesia.

LIPI. (2020). Peningkatan Sampah Plastik dari Belanja Online dan Delivery Selama PSBB. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Llames, L. (1991). Performance analysis of garbage collection and dynamic reordering in a lisp system. In NASA.

Londa, T. K., Warouw, F. F., & Nusa, J. G. N. (2020). Environmental Learning with Inquiry Method in Tondano Lake. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.038

Marali, M. D., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2018). Pengembangan Sistem Aplikasi Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Sampah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.

Mohamad Faiz, P. (2016). Perlindungan terhadap Lingkungan dalam Perspektif Konstitusi Environmental Protection in Constitutional Perspective. Jurnal Konstitusi.

Susanti, P. D., & Miardini, A. (2016). Upaya Pengurangan Risiko Bencana Terkait Perubahan Iklim Analisis Tingkat Kerawanan Dan Teknik Mitigasi Longsor Di Sub Das Merawu. Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS .

Victoria, A. V. (2017). Kontaminasi Mikroplastik di Perairan Tawar. Teknik Kimia ITB.

Warouw, F. F., Lumeno, S., & Pusung, P. H. (2019). Analysis of government responsibility in the sustainable tourism process study at Manado Bay. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Yusa, I. G., & Hermanto, B. (2018). Implementasi Green Constitution di Indonesia: Jaminan Hak Konstitusional Pembangunan Lingkungan Hidup Berkelanjutan. Jurnal Konstitusi. https://doi.org/10.31078/jk1524


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 84 times
PDF Download : 9 times

DOI: 10.36412/jepst.v1i2.2120

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jepst.v1i2.2120.g1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.