Optimalisasi Kenyamanan Thermal Pada Rumah-Rumah Kayu di Kampung Jawa Tondano

P H Gosal(1), V H Makarau(2),


(1) Universitas Sam Ratulangi
(2) Universitas Sam Ratulangi
Corresponding Author

Abstract


Kampung Jawa Tondano adalah suatu permukiman penduduk yang terletak di Kota Tondano. Penduduk Kampung Jawa Tondano adalah keturunan Kyai Mojo dan pengikut-pengikutnya yang berasal dari Pulau Jawa. Kegemaran  masyarakat Kampung Jawa Tondano terhadap rumah kayu sehingga saat ini masih banyak sekali rumah kayu berarsitektur Minahasa. Suhu harian Kota Tondano ada pada range 23 0C s/d 33 0C dengan kelembaban 80 % s/d 92 %. Pada musim  panas suhu ekstrim dapat mencapai 350C. Permasalahan yang terjadi adalah rumah-rumah di Kampung Jawa Tondano menjadi tidak nyaman terutama pada siang hari dimana suhu dan kelembaban diatas standar kenyamanan sesuai SNI. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan evaluasi pada selubung bangunan untuk menemukan pada bagian mana dari selubung itu yang memberi kontribusi panas terbesar ke ruangan dan mencari alternatif konstruksi dan material untuk mereduksi perpindahan panas tersebut sehingga suhu ruangan terutama pada siang hari dapat berada dalam range nyaman tanpa harus menggunakan sistem penghawaan buatan. Kalaupun dengan terpaksa harus menggunakan sistem penghawaan buatan, maka akan ditinjau apakah sistem konstruksi cukup memadai untuk dipasangi AC, Fan, dll. Diperoleh melalui kajian bahwa plafond adalah bagian dari bangunan yang memberi kontrubusi panas terbesar, bagian platfond direkayasa dengan menambahkan inovasi-konstruksi tambahan yang dapat menahan panas sehingga berfungsi sebagai insulasi.

Kata kunci: rumah kayu, kampung-jawa,  minahasa, kenyamanan-thermal, arsitektur



References


Babcock, T., (1989). Kampung Jawa Tondano, Religion And Cultural Identity, Gajah Mada University Pres, Jogyakarta

Bradhaw V, PE, (2006). The Building Environment: Active and Passive Control System, John Willey & Sons, New Jersey, USA

Bleeker, P., (1856). Reis door de Minahasa en den Molukschen Archipel, Batavia, Lange

Frick, I. H. (2004). Konstruksi Arsitektur 6 ILMU KONSTRUKSI BANGUNAN KAYU, Pengantar Konstruksi Bangunan (Vol. 6). Kanisius.

Gan, G. (1998). A parametric study of Trombe walls for passive cooling of buildings. Energy and buildings, 27(1), 37-43.

Garrison, R. A., Robertson, L. D., Koehn, R. D., & Wynn, S. R. (1993). Effect of heating-ventilation-air conditioning system sanitation on airborne fungal populations in residential environments. Annals of allergy, 71(6), 548-556.

Grafland, N., (1869). De Minahasa : Haar Verleden En Haar Tegenwoordige Toestand , M. Wyt &, Zonen, Rotterdam (Diterjemahkan Oleh Lucy R. Montolalu Edisi II Tahun 1991)

Grondzik W, et all, (2010). Mechanical and Electrical Equipment for Buildings, John Willey & Sons, New Jersey, USA

Katipamula, S., & Brambley, M. R. (2005). Methods for fault detection, diagnostics, and prognostics for building systems—a review, part I. Hvac&R Research, 11(1), 3-25

Lippsmeier, G. (1994). Alih bahasa oleh Ir. Syahmir Nasution, Bangunan Tropis, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Pulkadang, R., A., (2008). Sejarah Kampung Jawa Tondano, Jakarta

Haji Ali (2012). Jawa Tondano, http://jawatondano.blogspot.com/ (16 JulI)

Pulukadang, U., (1978). Kyai Madja dan Islam di Minahasa, Jurnal Mimbar Ulama No. 18 Tahun II

Prianto, E., & Dwiyanto, A. (2013). Profil Penutup Atap Genteng Beton Dalam Effesiensi Konsumsi Energi Listrik Pada Skala Rumah Tinggal. Modul.

Rahardjo, M,. (1978). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, UIN Maliki Malang, 2011

Rifai, L. D., Tongkukut, S. H., & Raharjo, S. S. (2014). Analisis Intensitas Radiasi Matahari di Manado dan Maros. JURNAL MIPA UNSRAT ONLINE, 3(1), 49-52.

Sangkertadi, S., & Syafriny, R. (2014). New Equation for Estimating Outdoor Thermal Comfort in Humid-Tropical Environment. European Journal of Sustainable Development, 3(4), 43-52.

Susilowati, D., & Wahyudi, F. (2014). Kajian Pengaruh Penerapan Arsitektur Tropis Terhadap Kenyamanan Termal Pada Bangunan Publik Menggunakan Software Ecotech Studi kasus: Perpustakaan Universitas Indonesia. Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi.

Wenas, J., (2007). Sejarah & Kebudayaan Minahasa , Institut Seni Budaya, Sulawesi Utara, Manado.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 447 times
PDF Download : 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.