Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Tompaso
(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement devision) dan yang menggunakan model ceramah pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Tompaso. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tompaso dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Post-test control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII siswa di SMP Negeri 1. Variabel penelitian yaitu, (i) hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (X1) dan hasil belajar siswa yang menggunakan model ceramah (X2 .). Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata t. Hasil analisis menunjukkan bahawa rata Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (84,7) lebih tinggi (secara sangat sifnifikan) dari rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional tipe ceramah (79,5). t hitung = 20, 3412 > (t(0,01; 60)) = 2,3901
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, STAD
Article Metrics
Abstract View : 262 timesPDF Download : 33 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.