Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek Dan Penilaian Proyek Dalam Perkuliahan Termodinamika

Tineke Makahinda(1), Patricia Silangen(2), Anekke Pesik(3),


(1) UNIMA
(2) UNIMA
(3) UNIMA
Corresponding Author

Abstract


Orientasi perkuliahan termodinamika adalah menumbuhkan kompetensi mahasiswa tidak hanya pada aspek kognitif tapi juga aspek psikomotorik. Kinerja mahasiswa lewat aktivitas pengalaman langsung dan keterampilan praktikum riil diharapkan mampu menjadi stimulus untuk mahasiswa memperoleh pemahaman dalam ranah psikomotorik. Pembelajaran proyek dan penilaian proyek menjadi model pembelajaran yang digunakan untuk mengefektifkan perkuliahan termodinamika guna mencapai tujuan pencapaian kompetensi. Pembelajaran proyek berpusat pada proses dan masalah serta mengintegrasikan komponen pengetahuan, studi lapangan, dan kedisiplinan secara kolaboratif dalam kelompok kerja yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulanyang terbagi ke dalam dua tahap: tahap pertama mengukur pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap penilaian proyek motorik dan capaian kognitif mahasiswa mata kuliah termodinamika, serta menyiapkan pembuatan perangkat eksperimen dan uji coba produk perangkat pembelajaran di Jurusan Fisika FMIPA UNIMA sebagai berikut: uji coba ahli terdiri dari empat ahli, yaitu dua ahli materi dan dua ahli perangkat eksperimen. Untuk uji empiris terdiri dari 10 orang kelompok kecil, 25 orang kelompok besar. Tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran proyek untuk melihat ketercapaian kinerja motorik dan hasil belajar kognitif mahasiswa serta evaluasi menggunakan penilaian proyek.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 295 times
PDF Download : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.