Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek Dan Penilaian Proyek Dalam Perkuliahan Termodinamika
(1) UNIMA
(2) UNIMA
(3) UNIMA
Corresponding Author
Abstract
Orientasi perkuliahan termodinamika adalah menumbuhkan kompetensi mahasiswa tidak hanya pada aspek kognitif tapi juga aspek psikomotorik. Kinerja mahasiswa lewat aktivitas pengalaman langsung dan keterampilan praktikum riil diharapkan mampu menjadi stimulus untuk mahasiswa memperoleh pemahaman dalam ranah psikomotorik. Pembelajaran proyek dan penilaian proyek menjadi model pembelajaran yang digunakan untuk mengefektifkan perkuliahan termodinamika guna mencapai tujuan pencapaian kompetensi. Pembelajaran proyek berpusat pada proses dan masalah serta mengintegrasikan komponen pengetahuan, studi lapangan, dan kedisiplinan secara kolaboratif dalam kelompok kerja yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulanyang terbagi ke dalam dua tahap: tahap pertama mengukur pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap penilaian proyek motorik dan capaian kognitif mahasiswa mata kuliah termodinamika, serta menyiapkan pembuatan perangkat eksperimen dan uji coba produk perangkat pembelajaran di Jurusan Fisika FMIPA UNIMA sebagai berikut: uji coba ahli terdiri dari empat ahli, yaitu dua ahli materi dan dua ahli perangkat eksperimen. Untuk uji empiris terdiri dari 10 orang kelompok kecil, 25 orang kelompok besar. Tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran proyek untuk melihat ketercapaian kinerja motorik dan hasil belajar kognitif mahasiswa serta evaluasi menggunakan penilaian proyek.
Article Metrics
Abstract View : 294 timesPDF Download : 69 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.