Hasil Belajar Mahasiswa PTB Fatek Unima Ditinjau Dari Fasilitas Belajar Dan Komitmen Belajar Mahasiswa

Djubir Kembuan(1), Metsi Daud(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa PTB Fatek UNIMA, (2) pengaruh komitmen belajar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa PTB Fatek UNIMA, dan (3)pengaruh fasilitas belajar dankomitmen belajar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa PTB Fatek UNIMA. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik analisis Regresi. Dari hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar, dan memberikan konstribusi sebesar 14,20%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara komitmen belajar terhadap hasil belajar, dan memberikan konstribusi sebesar 41,30%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar, dan komitmen belajar secara simultan dengan prestasi belajar, dan memberikan konstribusi sebesar 45,60%. Dengan demikian bahwa peningkatan fasilitas belajar dan komitmen belajar berupa peralatan dan perlengkapan komputer yang memadai, kesempatan belajar yang luas, belajar secara baik; kontinu berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, memfokuskan diri pada kegiatan belajar, berkontribusi dalam kegiatan belajar, menjunjung tinggi kegiatan belajar, mendukung kegiatan proses belajar mengajar, akan meningkatkan hasil belajar dalam hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa keterampilan dan kebiasaan, pengetahuan dan pengertian, sikap dan citacita. Atau dalam meningkatkan prestasi belajar siswa harus memperhatikan fasilitas belajar dan komitmen belajar yang secara nyata memberikan sumbangan yang berarti.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 346 times
PDF Download : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.