PENGEMBANGAN TEKNIK PEMASARAN KOPI KHAS KOTAMOBAGU di DESA PASSI KOTA KOTAMOBAGU
Abstract
Indonesia adalah Negara yang penuh keberagaman serta memiliki berbagai kekayaan alam yang sebagian besar belum diketahui oleh dunia luar. Kopi khas Kotamobagu merupakan salah satu produk lokal asli Kota Kotamobagu yang saat ini popularitasnya menurun dibanding dengan produk luar yang lebih mampu bersaing. Bahkan salah satu kekayaan masyarakat lokal ini sudah mulai dilupakan dikalangan masyarakat. Masalah utamanya adalah pengemasan kopi khas kotamobagu yang beredar di pasaran yang kurang menarik sehingga kurang mendapat perhatian dan kepercayaan dari masyarakat luar daerah Kotamobagu. Mengatasi masalah tersebut maka kegiatan pengabdian masyarakat lewat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado, difokuskan pada pengembangan Produk Kopi Kotamobagu lewat pembuatan kemasan yang lebih menarik sehingga dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk membeli serta mampu bersaing di pasaran.
Kata kunci: Pengembangan Produk Kopi, Kopi Kotamobagu, Petani Kopi.
Full Text:
PDFReferences
Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi edisi IX. Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Agus Dono karmadi, 2011. Budaya Lokal. Jakarta.
Campbell, David. 2013. Mengembangkan Kreatifitas. Kanisius: Yogyakarta.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreatifitas. Rineka Cipta: Jakarta.
M M Sutopo, Tjetjep. 2005. Pengembangan Kreatifitas Anak. Depdiknas: Bandung.
Winkel, W S. 2004. Psikologi pengajaran. Media Abadi: Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.36412/edupreneur.v1i4.819
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/edupreneur.v1i4.819.g742
Refbacks
- There are currently no refbacks.