PELATIHAN DESAIN PRODUK DAN TEKNOLOGI INDUSTRI KERAJINAN ANYAMAN ECENG GONDOK

Daud Elias Pangkey

Abstract


Pengabdian masyarakat ini sesungguhnya berorientasi pada upaya memberdayakan kelompok masyarakat pengrajin, khususnya dalam pengembangan desain produk yang sesuai kebutuhan pasar/ konsumen dengan tetap memperhatikan kualitas produk melalui pendekatan teknologi industri. Dengan demikian diharapkan ada peningkatan taraf ekonomi/ kesejahteraan masyarakat pengrajin di pedesaan melalui pendekatan IPTEKS, sesuai amanat Tridarma Perguruan Tinggi.

Untuk mencapai tujuan tersebut ditempuh melalui metode pembelajaran andragogik yang lebih menekankan pada pelatihan teknis (praktek), mulai dari keterampilan desain produk, teknis produksi secara industrial sampai pada sistem manajemen pemasaran produk. Program pengabdian masyarakat ini telah membantu para pengrajin baik dalam pengadaan bahan baku anyaman beserta asesorisnya maupun sejumlah peralatan penunjang teknologi produksi/ industri, sehingga desain produk yang ditawarkan dapat terwujud sesuai harapan, berkualitas dan berciri khas serta dapat bersaing di pasaran.

Target yang telah dilaksanakan melalui program ini meliputi : (1) pengadaan bahan baku berupa tangkai eceng gondok, kain pelapis, rets, tali/ sabut gantungan, pita-pita dan asesoris penunjang keindahan produk anyaman, (2) pengadaan peralatan, mesin jahit dll, (3) proses pengolahan bahan, pengenalan desain produk sampai pada proses produksi anyaman beragam desain produk berupa tas, dompet dsj yang modis serta trendy (seperti yang tampak pada dokumen fisual berupa foto-foto terlampir).

 

Keywords:  Desain Produk, Teknologi Industri, Kerajinan Anyaman.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36412/edupreneur.v1i1.346

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/edupreneur.v1i1.346.g309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.