KKN-PPM PENGUATAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN BAGI SISWA SMK N 1 TUTUYAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Dr. Theodorus Pangalila, S.Fils. M.

Abstract


ABSTRAK Saat ini Indonesia menghadapi tantangan yang cukup serius dalam kehidupan berbangsa. Semakin banyaknya kasus-kasus radikalisme, terorisme, dan intoleransi mengindikasikan bahwa wawasan kebangsaan terutama nilai-nilai kebangsaan masyarakat Indonesia semakin luntur, padahal dengan semakin terancamnya nilai-nilai kebangsaan akan berpengaruh terhadap tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, pengabaian nilai kebangsaan, juga akan menghancurkan persatuan dan kesatuan nasional. Para siswa/i di SMK N 1 Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia pada umumnya. Para siswa/i adalah agen-agen penting dalam proses perubahan dalam masyarakat. Keberadaan para siswa/i yang memiliki wawasan tentang nilai-nilai kebangsaan yang baik dan kuat mencerminkan keberadaan masyarakat di mana mereka berada. Para siswa/i memiliki peran penting dalam mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat di mana mereka berada. Namun permasalahan yang dihadapi adalah: (1). Semakin memudarnya pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai kebangsaan. (2). Kurangnya sosialisasi tentang nilai-nilai kebangsaa kepada para para siswa/i. Adapun dengan kegiatan ini para para siswa/i di SMK N 1 Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dapat memahami dan mensosialisasikan tentang nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat dan menghasilkan luaran dalam bentuk artikel yang dipublikasikan dalam jurnal nasional. Kata Kunci: Wawasan, Kebangsaan, Siswa

Full Text:

PDF

References


T. Pangalila, ‘Toleransi dalam Keberagaman Masyarakat Lokal: Studi Fenomenologis Hubungan antar Agama dan Etnis pada Masyarakat Kota Tomohon Sulawesi Utara’, Universitas Merdeka Malang, 2018.

Kemendiknas, ‘Desain Induk Pengembangan Karakter Bangsa’. Kemendiknas, Jakarta, 2010.

NN, ‘Merajut Kebhinnekaan melalui Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan’, Swantara: Majalah Bulanan Lemhannas, no. 23, Jakarta, 2017.

T. Pangalila and R. H. E. Sendouw, ‘PKM pada Perangkat Kelurahan di Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon’, EDUPRENEUR J. Pengabdi. Kpd. Masy. Bid. Kewirausahaan, vol. 2, no. 3, pp. 15–20, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36412/edupreneur.v3i2.2330

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/edupreneur.v3i2.2330.g1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.