PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KEJURUAN MATERI SPECIAL TOOLS UNTUK BEARING SISWA KELAS XI TEKNIK ALAT BERAT 2
Abstract
Hasil Belajar Kompetensi Kejuruan siswa kelas XI Teknik Alat Berat 2 SMK Negeri 2 Bitung masil relatif rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dikarenakan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Kompetensi Kejuruan. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah apakah penggunaan Model pembelajaran Inquirydengan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi Kejuruan siswa Kelas XI Teknik Alat Berat 2 SMK Negeri 2 Bitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inquirydengan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal minimum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI Teknik Alat Berat 2 SMK Negeri 2 Bitung dan terbagi menjadi dua siklus, dimana pada setiao siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif.
Kata Kunci—Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiri, Pendekatan Kontekstual.
Full Text:
XMLReferences
Ella Yulaelawati. 2004 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta. Pakar Raya E. Mulyasa.
Eko P. Widiyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Jakarta : Pusaka Pelajar
HB. Sutopo 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta :UNS Press
Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif : Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Lexy J. Maleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya Lee, V
Miles & Huberman. 1992. Data Kualitatif. Jakarta : UI Press
M. Nasir. 2004 Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia
Nana Sudjana. 1991. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta : PT. Bina Aksara
Nasution. 1998. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Bina Aksara.
Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gramedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.