PENGEMBANGAN KODE PROGRAM PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Daniel Riano Kaparang

Abstract


Bisnis dan TI eksekutif di banyak perusahaan berfokus pada Service-Oriented Architecture (SOA) karena mereka menyadari terdapat ketidaksesuaian antara monumental tekanan mereka saat ini. Produk kompetitif dan pasar serta kemampuan sistem yang ada untuk memberikan peningkatan kemampuan perusahaan dan mengurangi total biaya operasional. SOA dalam hal layanan berbasis web perlu untuk diintegrasikan dalam sebuah perusahaan dengan proses bisnis dinamis dengan memfokuskan pada penemuan-penemuan pada setiap proses bisnisnya sebagai service.

Implementasi Service Oriented Architecture dalam sistem informasi akademik program studi bergantung pada kemampuan pengolahan data akademik. Hal ini disebabkan kebutuhan optimalisasi fungsi dan otomatisasi yang mendukung terlaksanannya program akademik sesuai dengan standar pendidikan perguruan tinggi. SOA ini mendukung integritas data pada laporan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).

Kata Kunci— Kode Program, SOA, Sistem Informasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Agustiani Nurul, 2010. Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIKADU) Terhadap Kinerja Individual dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderating. Tesis Univeristas Diponegoro.

Bieberstein., et al. “Executing SOA: A Practical Guide for The Service Oriented Architecture” IBM Press, Indiana.

Erl Thomas. “Service Oriented Architecture: Concepts, Technology and Design.” Prentice Hall PTR, Indiana.

Brown Paul C. “Implementating SOA: Total Architecture in Practice.” Addison Wesley Professional, Massachusetts.

Hasan Jeffrey. 2006. “Expert Service Oriented Architecture in C# Using the Web Services Enhancements 2.0”. Appress, New York.

Isak Rickyanto. 2004 Pemrograman Web dengan Java Servlet, ANDI Yogyakarta.

Kusuma Anik, Muchsini, 2013. Desain dan Implementasi Sistem Informasi Akademik yang Terintegrasi pada STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 2, Nomor 3.

Muliawan Bondan, 2002. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web, Studi Kasus di Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, STMIK AKI, dan IAIN Walisongo. UNDIP Repository. Semarang.

Soetam, Rizky. 2008. Sistem Terintegrasi menggunakan XML Web Service. Cerdas Pustaka Publisher, Surabaya.

Tim Penjamin Mutu. 2009. Kumpulan Manual Prosedur. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.