PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 TONDANO

Maygean R. Tamboto, .B. L. Tampang, Irene Tangkawarow

Abstract


Abstrak - Berdasarkan hasil observasi di SMK N 3 Tondano, diketahui pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan pada umumnya yaitu ceramah dimana pembelajaran masih terpusat pada guru dan tidak banyak melibatkan peserta didik. Perlu adanya perubahan yang dilakukan pada proses pembelajaran agar terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar jaringan dasar siswa Kelas X di SMK N 3 Tondano. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas X TKJ (2 kelas) di SMK N 3 Tondano berjumlah 60 orang. Sampel penelitian adalah kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang. Data diperoleh dari tes awal (pre-test) sebelum diterapkan PJBL dan tes akhir (post-test) sesudah diterapkan PJBL. Instrumen pengukuran berupa tes tertulis dengan rubrik penskoran hasil belajar. Analisis data menggunakan uji statistik uji beda dua rata-rata (uji t), pada taraf nyata 0,05. Hasil uji statistik menunjukan nilai t hitung hasil belajar adalah 2,844 > t tabel 2,008 sehingga memutuskan menolak H0 dan menerima H1. Kesimpulan, terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar jaringan dasar siswa Kelas X di SMK N 3 Tondano.

Kata Kunci : PJBL, Hasil Belajar, Jaringan Dasar


Full Text:

PDF

References


Buck Institute for Education. 2001. Project Based Learning Overvi ew: DifferencesFrom Traditional Instruction. (http://www.bie.org/pbl/everview/diffstraditional.html).

Drayden, C & Vos, J. 2001. The Learning RevolutionBandung: Kaifa.

Global SchoolNet.(2000). Introduction to Networked Project Based Learning. http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.html.Diakses 7 Agustus 2016.

Hergenhahn, B.R., Olson, M.H. 2009. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana.

Hanafiah, N. Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajran. Bandung: Refika Aditama.

Nolker,H. dan Schoenfeldt, E. 1983. Pendidikan Kejuruan: Pembelajaran, Kurikulum dan Perencanaan. Jakarta: Gramedia Nurohman, Sabar. 2007. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Yogyakarta : Pendidikan Fisika UNY. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/projectbased-learning.pdf. Diakses jumat 9 oktober 2015-pkl 2:34 AM

Pratama, I. 2015. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung: Informatika.

Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ruhimat, Toto. dkk. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rahmawati, Dini. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah. (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/293 8/1/DINI%20RAHMAWATI FITK.pdf. Diakses 14 oktober 2015 pukul 9:12 )

Sugiyono, 2014 Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Sopandi, Dede. 2010. Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Supriyanto. 2013. Jaringan Dasar. Kementrian Pendidikan dan Ke budayaan. (http://www.salamedukasi.com/2014/10/downloadbuku-kurikulum-2013-smk-kelas.html. Diakses 15 juli 2016 pukul 22:00)

Sugiyanto. 2009. Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/sugiyantompd/25-bab-5.pdf. Diakses 14 oktober 2015 pukul 12:49

Susanti,E. 2008.Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains ISSN. Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara. Sutrisno Hadi. (1997). Metode research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Fisiologi UGM.

Sudjana. 1996. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito. The George Lucas Educational Foundation.(2005).Instructional M odule Project Based Learning. (http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php)

Supriyanto. (2013). Jaringan Dasar. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://www.iosinotes.com/2015/06/download-ebook-jaringandasar-1-smk.html. Diakses 5 Februari 2016. Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi Pustaka. Utari Retno. (2011).

Taksonomi Bloom Apa dan Bagaimana Menggunakannya Widyaiswara Madya, Pusdiklat KNPK. http://www.bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachments/766_1Tak sonomi%20Bloom%20-%20Retno-ok-mima.pdf. Diakses 14 Februari 2016 pukul 11:49

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Supriyanto. (2013). Jaringan Dasar. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://www.iosinotes.com/2015/06/download-ebook-jaringandasar-1-smk.html. Diakses 5 Februari 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.