The Efforts to Improve Learning Outcome Students through Project-Based learning Method in Class XI MIPA of SMA Negeri 2 Tahuna Sangihe Islands Regency

Margharita Kasumbala

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 30 siswa, pada pembelajaran Fisika materi bentuk dan jenis energi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan perhitungan prosesntase ketuntasan hasil belajar klasikal. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan hasil belajarĀ  metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe

Full Text:

PDF

References


Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.

Hapnita, W. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).

Kristanti, Y. D., & Subiki, S. Handayani R. D., (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168.

Seke, F. R., Sumilat, J. M., Kembuan, D. R. E., Kewas, J. C., Muchtar, H., & Ibrahim, N. (2018). Project-Based Learning in Programmable Logic Controller. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 306, No. 1, p. 012042). IOP Publishing.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2441

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2441.g1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.