Improved Learning Outcomes in Colligative Properties Solutions Consepts Through Cooperatitive learning Jigsaw Mode on The Subject Chemistry Class XII

Sri Haryanti Dako

Abstract


Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) peningkatan hasil belajar siswa kelas XII dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, 2) seberapa besar peningkatan yang terjadi pada materi konsep sifat koligatif larutan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, 3) Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Kotamobagu. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pembelajran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar Kimia siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Kotamobagu, yang dapat dilihat pada peningkatan rata-rata hasil belajar materi konsep sifat koligatif larutan siklus 1 ke siklus 2. Dampak pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan respon positif bagi aktivitas belajar siswa sehingga terjadi peningkatan aktivitas belajar.

Keywords: kooperatif tipe Jigsaw, sifat koligatif larutan.


Full Text:

XML XML

References


DAFTAR PUSTAKA

Argandi. R., Martini, K S., dan Saputro, A, N, C. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Metode inquiry Terbimbing Dilengkapi Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual Pada Pokok Bahasan Pemisahan campuran, jurnal Pendidikan Kimia, 2(2): 119- 124.

Komara, E. dan Mauludin, A. (2016). Pengemabnagan Keprofesionalisan Berkelanjutan (PKB) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru.Bandung. Refika Aditama.

Luoga, N, E., Ndunguru, P, A., and Mkoma, S, L. (2013). High School Student’s Misconception about Colligative Properties in Chemistry, Tanzia Journal of Natural & Aplied Sciences, 4(1): 575-581.

Mairisiska, T., Sutrisno, S., & Asrial, A. (2014). Pengembangan Perangkat pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif larutan untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 3(1), 59664.

Mulyasa, H. E. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta. Raja Grafika Persada.

Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Siduarjo. Nizamia Learning center.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi ke-2. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Sutawidjaja, A., dkk. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Thomas, P., & Setiaji, K. (2014). E-learning dengan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Dinamika Pendidikan, 9(1).

Zainal, A., Siti, J., Eko, D., Khusnul, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2344

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2344.g1384

DOI (XML): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i3.2344.g1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.