Meningkatkan Variasi Gerak Dasar dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Permainan Bola Kasti Siswa Kelas V SDN Inpres Rainis

Hendriete A. P Pulu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetaui peningkatan variasi gerak dasar dengan metode pembelajaran demonstrasi pada permainan bola kasti siswa kelas V SDN Inpres Rainis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres Rainis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar pada aspek psiomotorik. Data diambil menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar dianalisis menggunakan perhitungan prosentase. Peserta didik dikatakan tuntas jika memiliki nilai hasil belajar lebih dari atau sama dengan 75. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memiliki pencapaian hasil belajar klasikal minimal 75% siswa tuntas. Penggunaan metode pembelajaran demostrasi pada siswa kelas V SDN Inpres Rainis dapat meningkatkan variasi gerakan dasar dalam permainan bola kasti. Permainan bola kasti juga dapat meningkatkan sikap kerjasama dan disiplin dari setiap peserta didik dalam memainkan permainan bola kasti.

Keywords: demonstration learning methods, baseball games, basic motion


Full Text:

PDF

References


Abe, G. (2013). Meningkatkan keterampilan melempar dalam bermain kasti melalui penerapan bola modifikasi pada siswa kelas v sdn banyusari. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 1(5).

Anas, M., & PdI, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.

Fauzani, R. A. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kerjasama Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Kraton Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 7(24), 2-350.

Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Mulyadi, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Materi

Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Tanjung. Jurnal Langsat, 5(1).

Mulyasa H E, (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta. Rineka Cipta.

Pertiwi, T. S., & Sutisyana, A. (2017). Pelaksanaan permainan bola kasti dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sd/min kota bengkulu. KINESTETIK, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v2i2.2086

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/dilan.v2i2.2086.g1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.