Kemampuan Menganalisis Struktur Fabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bolaang

Seila V. Makauntung, Ruth C. Paath, Oldie S. Meruntu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) pembelajaran menganalisis struktur teks fabel dengan model kontekstual pada siswa kelas VII ]SMP Negeri 1 Bolaang (2). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIIc SMP Negeri 1 Bolaang yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara deskriptif untuk data pelaksanaan pembelajaran dan kuantitatif untuk data hasil tes kemampuan siswa menganalisis struktur tes fabel, dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pembelajaran menganalisis struktur teks fabel melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bolaang telah dilaksanakan sesuai dengan komponen yang meliputi: inqury. Melalui elemen ini membuat siswa aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung. Kemampuan semua siswa melampaui nilai ketuntasan yang ditetapkan guru, yakni 76. Nilai terendah yang dicapai siswa adalah 75, sedangkan nilai tertinggi adalah 75. Presentasi keberhasilan siswa secara individual mencapai 100%. Kemampuan siswa menganalisis struktur teks fabel secara klasikal adalah 83,41. Kemampuan siswa berada pada kriteria mampu.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2017. Kurikulum 2013. Direktorat Pendidikan Menengah: Jakarta.

Najoan, J.M., Modi, B.R., & Seang E.A. Kemampuan Menyimak Dongeng “Cinderella” melalui Media Film Kartun Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kotamobagu.

Nurhadi, 2002. Pembelajaran Kontekstual dan penerapanya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya

Pagora, H.P., Paath, R. C., & Meruntu, O.S. 2015. Kemampuan Membaca Paragraf dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Kompetensi Fakultas Bahasa dan Seni. Vol 3, No 1 (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Poluan, S.M,. Djojosuroto, K., dan Poliin J.I. 2014. Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung.

Suwarsono, V.S., Pangemanan, N.J., Meruntu, O.S. 2020. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendowa” dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1, No.2 Tahun 2020. Desember. Ejournal.unima.ac.id/Php/indeks/bahtra.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3632

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3632.g1698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.