Nilai-Nilai Didaktis dalam Cerpen “Guru” dan “Maaf” Karya Putu Wijaya Serta Implikasinya Bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah

Fisye F. Angginaloy, Wimsje R. Palar, Nontje J. Pangemanan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya dan implikasi hasil penelitian nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen yang berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif. Sumber data penelitian adalah dua cerpen karya Putu Wijaya yakni “ Guru”  dan “Maaf”.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerpen “Guru” adalah religius, persaudaraan/komunikatif, dan cinta kasih. Nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen “Maaf” karya Putu Wijaya adalah: (1) memiliki pendirian yang kuat, (2)  kejujuran, dan (3) mandiri. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pembelajaran sastra di sekolah. Nilai-nilai didaktis dalam cerpen Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya selaras dengan delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendikbud dalam Kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References


Erni, S. Alkatuuk, U.M.K, & Kamagi, L. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel “Guru Hidupmu Hanya untuk Kami” Karya Edelweis Almira serta Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMP. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi. Vol 3, No 1 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id

Dojosuroto, K . 2006. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka.

Marentek, C., Palar, W.R., & Pangemanan, N.J. 2021. Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender dalam Novel Saat Hati telah Memilih dan Implikasi bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal BAHTRA. Volume 2, Tahun 2021. Ejournal.unima.ac.id. http://ejournal.unima.ac.id.

Nusa Putra. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Pantow, F,M, Ratu D.M. & Meruntu, O.S. 2021. Nilai-nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid 9Gus Dur) dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal BAHTRA. Volume 2, Tahun 2021. Ejournal.unima.ac.id. http://ejournal.unima.ac.id.

Sumardjo, J. 2001. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarsono, V., Pangemanan, N.J. & Meruntu, O.S. 2021. Pendidikan Karakter dalam Dongeng Mamanua dan Wanlansendow dan Burung Kekekow yang Malang serta Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal BAHTRA. Volume 2, Tahun 2021. Ejournal.unima.ac.id. http://ejournal.unima.ac.id

Wellek, R. & Waren, A. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Yudiono, K.S. 2007. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: PT Grasindo




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3631

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3631.g1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.