Penerapan Teknik Clustering dan Media Foto Jurnalistik Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mopuya

Sri Rahayuh, Susan Monoarfa, Intama J. Polii

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mopuya melalui penerapan teknik clustering dan media foto jurnalistik. Sumber data ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mopuya yang berjunlah 14 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan penerapan teknik clustering dan media foto jurnalistik dapat menumbuhkan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Dari segi hasil, terbukti bahwa pada setiap aspek, kemampuan siswa menulis puisi tergolong ‘sangat mampu’ seperti pada, kesesuain judul puisi nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 95.71% atau (> 85%). Kemampuan mengarang (versifikasi ) rima tergolong ‘mampu’ karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 76.42% atau (>75%) Akan tetapi pada aspek kemampuan menggunakan bahasa figuratif tergolong ‘kurang mampu’ karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 40% atau (<40%). Jadi, penggunaan clustering dan media foto jurnalistik dapat memaksimalkan kemampuan siswa kelas VIII SMP 2 Mopuya dalam menulis puisi, kecuali untuk penggunaan bahasa figuratif, kemampuan siswa tergolong ‘kurang mampu’, sehingga siswa masih perlu lagi diberi bimbingan khusus.

Full Text:

PDF

References


Adrah, N. 2009. Makna Puisi “Cintaku Jauh di Pulau” Karya Chairil Anwar. (Halaman 115-131). Jurnal BAHTRA.Volume II Nomor 4, Januari 2010.

Loho, J.J. 2010. Telaah Sajak-Sajak Religius Penyair Indonesia. (Halaman 35-52). Jurnal BAHTRA.Volume II Nomor 4, Januari 2010.

Momongan Y.R, Paath R.C. Meruntu,O.S 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan model TPS Siswa kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 3, No 2 (2015) : BAHASA INDONESIA.

Mulyadi, Yadi, dkk. 2016. Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VIII. Bandung: Yrama Widya.

Namoda, S., Pelealu F.T, & Meruntu O.S. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Berseri terhadapKemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Beo Kabupaten Kepulauan Sangihe.Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi 2 (3) 2015. http://scholar.google.co.id/citations?user+HeuhV8AAAAJ&hl+id.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Grafindo Pustaka.

Sulisetyowati rina. 2011 . Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Clustering dengan Media Foto Jurnalistik. Skripsi: Universitas Negeri




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2802

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2802.g1542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.