Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan

Yohanes R. A. Posumah, Donal M. Ratu, Oldie S. Meruntu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) menggambarkan penerapan teknik Identitas Koroporat dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan dan 2) menggambarkan kemampaun mengidentifikasi struktur teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Sumber data penelitian adalah siswa kelas kelas VIII yang berjumlah 23 orang. Teknik penelitian menggunakan pobservasi dan tes. Cara analisis data memadukan cara analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan rumus hitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran mengidentifikasi struktur teks eksposisi melalui teknik Identitas Korporat dari segi proses, memberikan kesempatan kepada siswa secara bebas merumuskan pemikiran secara bersama mengerjakan tugas yang diberikan guru. Siswa menunjukkan minat dan respon yang tinggi selama pembelajaran berlangsung. Lima langkah atau tahapan teknik pembelajaran Identitas Korporat mampu melibatkan semua siswa berdiskusi dalam kelompok mengerjakan tugas yang diberikan, karena teknik ini menekankan pentingnya menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran. (2) Kemampuan siswa menentukan judul teks adalah 82,20, kemampuan mengidentifikasi bagian argumentasi adalah 82,20, kemampuan siswa mengidentifikasi bagian argumentasi adalah 8 dan kemampuan siswa mengidentifikasi penegasan ulang adalah 82,76. Kemampuan rata-rata siswa mengidentifikasi struktur teks eksposisi adalah 83.73 atau berada pada kategori mampu

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Diretktorat Sekolah Menengah.

Ellis, A. 1989. Elementary Language Arts Intruction. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar, Startegi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Terjemahan Wasi Dewanto. Jakarta: PT Indeks.

Kemendikbud, 2017. Perubahan Kurukulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Keraf, G.1995. Eksposisi. Jakarta: PT Grasindo.

Lahopang, A.A., Al Katuuk, U.M.K., dan Kamagi. 2014. Penerapan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 2 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Merpati, M.G., Djojosuroto, K., dan Wengkang, T.I. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamako. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 1, No 3 (2013) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Momongan, K.Y., Paath, R.C. dan Meruntu, O.S. 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kleas XC SMA Kristen Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 2 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Mulyadi dkk. 2016. Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Semester Ganjil. Jakarta: Grafindo.

Ohoiwirin, F., Mandang, F.H., dan Wengkang, T.I. 2015. Kemampuan Menggunakan Kata Majemuk dan Frasa dalam Kalimat dengan Model STAD Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi, Vol 3, No 2 (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Sarenusa, J., Monoarfa S., dan Meruntu, O.S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 2 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2801

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2801.g1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.