Kemampuan Memahami Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tondano

Lissy Afrianty Limbanon, Ferry H. Mandang, Wimsje R. Palar

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tondano dalam memahami informasi teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan ekspositoris, dan (2) untuk menjelaskan Faktor-faktor apa saja yang terkait dengan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tondano dalam memahami informasi teks deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tondano yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tondano tergolong ‘kurang mampu’ dalam memahami teks deskripsi “Pantai Kuta Bali”. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 69,5%. (2) Aspek gambaran umum objek yang dideskripsikan, nilai rata-rata kelas adalah 68%. Aspek kalimat rincian untuk mengonkretkan adalah 73,5%, dan Aspek kata khusus untuk mengonkretkan adalah 63%.

Full Text:

PDF

References


Djajasudarma. 2006. Wacana : Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung : Refika Aditama.

Efendi, Mandang dan Palar 2014. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Remboken. Jurnal Fakultan Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 2, No 3 (2014): Bahasa Indonesia.http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/2628

Jauhari, H. 2013. Terampil Mengarang. Bandung Nuansa Cendana.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Yrama Widya.

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran : Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya

Muheling, Paath dan Monoafa 2015. Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Siswa Kelas VIIID SMP Kristen Bitung. Jurnal Fakultan Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3, No 1 (2015): Bahasa Indonesia.http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/6721

Momongan, Paath dan Meruntu 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran “Think Pair Share” (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultan Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3, No 2 (2015): Bahasa Indonesia. http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/8334

Restiaka, Pesik dan Palar 2014. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Model “Picture and Picture” Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Jurnal Fakultan Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 2, No 3 (2014): Bahasa Indonesia. http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/2914

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sulistyo. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta : Balai Pustaka




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2790

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2790.g1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.