Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMK

Anita Siang, Susan Monoarfa, Nontje J. Pangemanan

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Tondano dalam menyimak teks Anekdot dan pembelajaran menyimak teks Anekdot pada siswa kelas X SMK Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah metode yang memisahkan diri pada masalah-masalah aktual, data, data mula-mula dikumpulkan, disusun, dijelaskan, kemudian dianalisis (Alelo, 2009:9). Sumber data dalam penelitian ini Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Untuk menganalisis data hasil tes, teknik yang digunakan ialah teknik menarik persentase yang mencakup persentase terhadap nilai individu dan persentase nilai rata-rata kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh aspek yang dinilai, aspek orientasi cerita dan coda cerita secara maksimal lebih dicapai oleh siswa karena keduanya berada pada kategori ‘sangat mampu’ dan ‘mampu’ (<85-90); (2) untuk aspek abstrak, reaksi, humor, dan kritik, kemampuan menyimak siswa tergolong ‘kurang mampu’ karena nilai rata-rata kelas adalah >70%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano belum mampu menyimak teks anekdot yang berjudul “Lebai Malang”

Full Text:

PDF

References


Alelo. 2009. Metodologi Penelitian. Bandung : Angkasa

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/8446

Jauhari, H. 2013. Terampil Mengarang. Bandung : Nuansa.

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah MenengahPertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Depdikbud.

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/7019

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Iramawidya.

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/2934

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/7021

Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta : Bumi Aksara

Nurhadi. 1987. “Dua jenis Kemampuan Membaca Literal dan Membaca Kritis”Kapital Selekta Kajian Bahasa Satra dan Pengajarannya. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Malang.

Sahala, J. 2019. Pemanfaatan Media Katikatur dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tumpaan. Unima : FBS.

Tarigan, H.G. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Winata Putra. 1996/1997. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dirjen Dikti Depdikbud.

Zaini, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2787

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2787.g1538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.